ABOUT CHILDREN > MY FOOD
Solusi Anak Sulit Makan
01 Feb 2012

Seringkali meresahkan pikiran orangtua ketika mendapati sang buah hati memiliki nafsu makan yang rendah. Lebih sedihnya lagi, anak justru lebih berselera makan hanya kepada makanan jajanan di luar rumah, terutama junk food. Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, simak beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan solusi anak yang sulit selera makan:




  • Suplemen & Vitamin

Vitamin dan zat gizi untuk anak tidak hanya semata bermanfaat bagi daya tahan tubuh dan menunjang pertumbuhan serta perkembangannya, tapi juga dapat menjaga metabolisme tubuhnya melalui serapan makanan yang diasupnya secara lahap. Vitamin dan suplemen zat nutrisi lainnya akan membuat anak lebih lahap makan dan mudah berselera.

 

  • Kreatif dalam Menu Makanan

Ibu dituntut untuk mengkreasikan menu makanan yang menarik selera makan sang buah hati. Daging dipotong kemudian gulung dengan brokoli untuk menyerupai pohon akan memanjakan fantasi anak untuk mudah me-set mood makan anak hingga berselera untuk makan. Anda juga dapat mengkreasikan hal lainnya dengan bahan makanan pilihan yang bergizi tinggi juga.

 

Jika sang buah hati berusia dibawah lima tahun dan mengalami sulit makan, maka Anda dapat melakukan hal kreatif lainnya yang dapat mengundang mood selera makannya muncul, seperti halnya melakukan permainan umpama sendok sebagai pesawat terbang senantiasa berhasil menembus generasi ke generasi.

 

  • Perkenalan Menu

Jika Anda masih dalam tahap merencanakan anak, maka cara antisipasi masalah anak sulit selera makan yang tepat adalah perkenalkanlah lebih dahulu makanan-makanan bergizi yang Anda anggap anak akan sulit menyukainya. Contohnya seperti hambarnya sayur, brokoli, sawi, bayam atau pun masamnya buah, ketimbang Anda memperkenalkan makanan-makanan yang tidak menyehatkan namun justru memiliki rasa yang memanjakan lidahnya, seperti eskrim, permen, manisan atau bahkan makanan jajanan dan junk food lainnya.Lakukanlah hal ini pada usia dini ketika anak menginjak usia 4-6 bulan, dimana pada usia tersebut merupakan tahap awal pengenalan makanan padat dan masa awal perkembangan indera pengecapannya.

Untuk beberapa kasus, anak sulit selera makan merupakan indikasi dari paparan penyakit yang kemungkinan kronis, seperti halnya TBC, DBD atau lainnya. Namun demikian biasanya diiringi dengan gejala lainnya, seperti demam, batuk, lemas dan lainnya. Oleh karena itu periksakanlah ke dokter jika Anda mengalami masalah selera makan pada anak yang berlanjut.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry