ABOUT CHILDREN > LET'S PLAY
Bermain adalah Olahraga
01 Feb 2012

Anak memiliki hak pemenuhan kebutuhannya yang sangat mendasar setelah pemenuhan kebutuhan nutrisinya, yakni bermain. Bermain bukan semata senang-senang membuang waktu, sebagaimana kebanyakan perspektif orang dewasa dalam melihat aktivitas bermain.




Bermain untuk anak merupakan aktivitas wajib. Karena dengan aktivitas bermain, anak menuai manfaat antara lain:

  • Perkembangan Panca Indera

Dengan bermain, anak biasanya mendorong dirinya untuk lincah mengoptimalkan panca inderanya dalam mencerna segala sesuatu dilingkungan sekitarnya. Warna cerah yang ditangkap indera penglihatannya melatih optimalisasi perkembangan matanya. Begitu pun juga pada stimulasi indera lainnya, penciuman, peraba, dan pendengarannya pada setiap aktivitas anak.

 

  • Stimulasi Motorik

Bermain juga memberikan stimulasi pada sensor dan gerak motorik anak. Proses respon, memberikan reaksi, tanggapan dari apa-apa yang dialaminya memberikan reaksi stimulasi motorik pada dirinya yang bermanfaat pada perkembangan motorik terkait pada anak.

 

  • Penunjang Perkembangan Tubuh Keseluruhan

Bermain yang melibatkan aktivitas gerak memberikan manfaat penuh pada rangsangan perkembangan otot, tulang dan sarafnya. Otot yang terlatih tidak hanya otot besar biasa yang terlihat kasat mata pada gerakan umumnya, tapi juga termasuk otot jantung, dimana memberikan efek latihan kekuatan jantung. Tulang yang terlatih gerak akan menuntut proses regenerasi sel tulang untuk berkembang lebih kuat lagi. Pun hal yang sama terjadi pada stimulasi sistem sarafnya yang demikian terlatih dari aktivitas bermain.

 

  • Olahraga & Manfaat Kesehatannya

Kurangi aktivitas anak dalam bermain yang kurang melibatkan aktivitas bergerak, seperti halnya permainan video games dan lain sebagainya.Ajak anak untuk bermain konvensional seperti petak umpet, gobak sodor, dan lain sebagainya. Ketika anak melakukan aktivitas gerak yang dinikmatinya, maka gerak olahraga yang menyehatkan akan lebih menyehatkan dan memberikan manfaat yang lebih optimal.

 

Usahakan selalu hadir sebagai teman bermain dengan sang buah hati. Waktu bermain dirinya termasuk aktivitas penuh manfaat bagi dirinya, dimana merupakan aset dan kewajiban bagi orangtua untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Disamping faktor sosial, perhatikan juga faktor pemenuihan kebutuhan nutrisi anak guna mendukung kesehatan anak dan kelancaran aktivitas bermainnya. Simak informasi segmen KlikNatural mengenai kebutuhan nutrisi anak di Nutrisi-nutrisi Penting untuk Anak.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry