ABOUT CHILDREN > LET'S PLAY
Olahraga yang Meningkatkan IQ Anak
01 Feb 2012

Bermain bagi anak adalah aktivitas sekaligus olahraga. Manfaat olahraga bagi anak tidak lagi sebatas menyehatkan tubuh, tapi juga merangsang peningkatan level intelektual kecerdasan anak atau lebih dikenal IQ. Karena manfaat olahraga pada anak meliputi beberapa aspek, antara lain:




  • Memicu Rasa Kompetitif

Rasa kompetitif diperlukan untuk perkembangan anak. Jangan dididik untuk menang, tapi didiklah anak Anda untuk mengetahui kekurangan dan bertindak mengantisipasi kelemahannya dengan baik. Lakukanlah dengan penuh kasih sayang, jangan tempatkan beban yang berat untuk memuaskan ego Anda untuk melihat dirinya menang dalam suatu kompetisi atau pun permainan.

  • Memancing Rasa Ingin Tahu

Bermain sekaligus berolahraga telah memancing rasa kompetitif pada anak, sekaligus dirinya akan termotivasi untuk terus mendorong dirinya ke batas tertentu untuk mencapai prestasi yang dikehendakinya. Hal ini sekaligus membentuk rasa ingin tahu, “apa yang bisa kudapat jika kulakukan hal ini? apa yang bisa didapat jika kulakukan hal tersebut?,” anak terus menggali potensinya untuk mencari tahu batasan yang dimilikinya. Lebih lanjut, rasa ingin tahu akan bermanfaat pada perkembangan kecerdasannya.

  • Bermain Permainan Pengasah Otak

Jenis-jenis olahraga yang membutuhkan aktivitas pengasah otak akan terus memberikan stimulasi yang berguna kepada perkembangan kecerdasan sang anak.Kembali lagi kepada ketertarikan anak, Anda dapat lakukan bersama aktivitas bermain board game klasik, seperti halma, catur, dan lain sebagainya untuk anak yang berusia 5 tahun keatas. Atau Anda bisa mengajaknya menyusun puzzle yang rumit hingga bermain video game yang menantang ketangkasan.

Bagaimanapun, aktivitas bermain dan olahraga yang ideal pada anak adalah aktivitas yang dilakukan bersama. Bisa bersama teman, keluarga atau orang yang dikenalnya. Interaksi sosial juga terbukti secara penelitian meningkatkan kecerdasan anak.

Walau demikian, terpenting dari segalanya pastikan selalu Anda memberikan yang terbaik untuk sang buah hati guna menunjang aktivitasnya. Berikanlah selalu suplemen yang bernutrisi baik dan menyehatkan yang sesuai dengan kebutuhan dirinya. Dengan demikian aktivitasnya tidak terganggu oleh kendala kesehatan dan perkembangan kecerdasan senantiasa berjalan optimal.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry