ABOUT CHILDREN > LET'S PLAY
Memilih Mainan Anak
01 Feb 2012

Bagi orangtua, pastinya selalu ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Termasuk memberikan hal untuk penunjang kebahagiaan dan proses belajar sang anak, contohnya seperti memberikan fasilitas mainan untuk mendukung kegiatan bermainnya.




Tidak ada yang salah dari memberikan mainan kepada anak Anda, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam satu benda ini, karena salah tindakan justru dapat menjurus pada hal yang fatal. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini:

 

  • Periksa Kualitas Bahan

Situasi Indonesia yang dibanjiri mainan murah meriah yang menarik dari luar negeri semakin memperburuk kontrol kualitas kondisi mainan yang beredar untuk anak-anak. Dari penggunaan bahan intinya hingga bahan pelapis luarnya memiliki kadar yang berbahaya untuk kesehatan, demikian setelah pelaporan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) berdasarkan temuan di lapangan per Januari 2012 lalu. Ciri mainan yang perlu diwaspadai adalah:

-        Memiliki aroma menyengat dan mencurigakan.

-        Tekstur pada bahan yang terfinalisasi lapisan tidak wajar (cat lengket, beraroma tajam, dsb).

-        Lapisan mudah terkelupas.

-        Kurangnya informasi mengenai mainan yang terkait pada kemasan.

Dampak dari bahan berbahaya yang ditemukan (timbal (Pb), kadmium (Cd), Kromim (Cr), Merkuri (Hg)) pada anak adalah penurunan kecerdasan, cacat panca indera, merusak pembuluh darah, kanker paru, kerusakan hati dan ginjal dan masih banyak lagi.

 

  • Perhatikan Detil Kesesuaian Usia

Pastikan tipe, jenis dan cara mainan digunakan sesuai dengan usia anak Anda. Jangan sepelekan hal ini, salah-salah mainan yang kecil dapat tertelan oleh bayi. Lebih lanjut, kesesuaian usia juga memiliki peran pengembangan kemampuan diri untuk menyejajarkan pada bagaimana mainan tersebut digunakan.

 

  • Pilih Mainan yang Bermanfaat, Bukan Sekedar Menyenangkan

Acapkali Anda menemukan mainan yang hanya sebatas perasaan menyenangkan hati sang anak. Tiada yang salah dari hal tersebut, namun akan lebih baik jika Anda dapat memberikan suatu alat pendukung aktivitas bermainnya dengan mainan yang sekaligus mengundang manfaat asah edukasi dan pengembangan diri anak lainnya.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry