ABOUT CHILDREN > MY NUTRITION
Anak Masih Sering Ngompol? Perbanyak Konsumsi Serat!
08 Mar 2012

Serat atau fiber, dikenal lama sebagai pemeran penting dari kondisi kesehatan pencernaan manusia. Namun fakta dari sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center, mengungkapkan bahwa kondisi kekurangan serat menenggarai keadaan mudah ngompol.




Kondisi mudah ngompol akibat kekurangan serat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan saluran kencing ataupun permasalahan pada kandung kemih. Studi yang meneliti pada 30 anak dan remaja yang memiliki keluhan seringnya ngompol tersebut menemukan jumlah faeces atau kotoran tinja pada usus besar yang menumpuk.

Tumpukan faeces tersebut menekan rongga perut bawah sehingga memberi tekanan pula pada kandung kemih sehingga kapasitasnya menjadi berkurang. Implikasinya, pada malam hari kandung kemih menjadi cepat penuh, dengan demikian akan memudahkan aktivitas berkemih walaupun dalam kondisi tidur (ngompol).

Lebih lanjut pada penelitian yang sama para partisipan penelitian diberikan asupan serat oleh peneliti. Hasilnya, sebesar 83% dari total partisipan mengalami pengurangan keluhan ngompol dalam 90 hari. Fakta penelitian ini bukan yang pertama mengemuka, pada 1986 fakta yang sama pernah terungkap dari penelitian yang dilakukan peneliti lainnya.

Jadi untuk mencegah ngompol solusinya bukan dengan membatasi asupan cairan, tapi dengan melengkapi kebutuhan gizi seimbang yang kaya akan kandungan serat. Serat dari alam bisa di dapat dari jagung, kacang-kacangan, buncis, alpukat, beras merah, sayur-sayuran dan buah-buahan.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry