SPORTS > SPECIAL SPORT
Latihan untuk Menyeimbangkan Tubuh dan Jiwa
09 Apr 2012

Keseimbangan tubuh dan jiwa memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan. Jika ada salah satu yang tidak seimbang,maka kesehatan kita akan terganggu. Beberapa bagian tubuh seperti dada,bahu,punggung dan kaki memiliki hubungan yang erat dengan organ dalam kita. Peregangan secara teratur pada bagian tubuh tersebut akan menciptakan keseimbangan pada kesehatan tubuh anda.




1. Latihan Dada
 

Hubungan : sesuai dengan Taoisme, jantung membawa rasa bahagia dan paru membawa rasa sedih atau duka. Membentuk otot dada yang kuat sekaligus fleksibel akan meningkatkan kemampuan kita menghadapi berbagai tantangan/masalah kehidupan.
 

Latihan :
 

Letakkan kain elastis (atau alat khusus seperti tali panjang yang terbuat dari karet) di bagian punggung anda sejajar dada lalu berbaringlah diatasnya. Pegang kedua ujung kain elastis tersebut di masing-masing tangan dan tekuk lutut anda dengan telapak kaki menapak ke lantai. Dengan menarik kain elastis di masing-masing tangan, gerakkan lengan anda keatas dan kesamping bawah sehingga ujung siku dan telapak tangan menyentuh lantai. Lakukan 2 set dan aturlah nafas anda selama melakukannya.
 

2. Latihan Bahu
 

Hubungan : Bahu melambangkan kemampuan kita dalam bersungguh-sungguh dan menjunjung tinggi prinsip hidup. Jika bahu kuat, anda akan lebih percaya diri.
 

Latihan :
 

Duduk bersila dengan kedua kaki saling melipat. Taruh kain elastis dibawah paha dan tarik atau pegang ujungnya di masing-masing tangan. Lakukan gerakan keatas dan ke bawah (posisi lengan lurus keatas lalu menekuk pada sendi siku sehingga kedua lengan bersatu didepan dada) sambil ikut menarik kedua ujung kain elastis.
 

3. Latihan Punggung.
 

Hubungan : Otot punggung bagaikan cangkang kura-kura yang melindungi organ dalam dari pengaruh luar. Punggung yang kuat akan membuat anda bebas berekspresi tanpa rasa takut atau ragu.
 

Latihan :
 

Duduk dengan kedua kaki lurus ke depan. Tarik kain elastis yang diletakkan di kedua telapak kaki anda lalu pegang kedua ujungnya dengan satu tangan. Lakukan tarik ulur pada kain elastis tersebut dengan posisi punggung tegak dan tangan yang lain di pinggang. Lakukan bergantian dengan lengan satunya.
 

4. Latihan Perut.
 

Hubungan : Perut adalah pusat segala yang kita lakukan dan "rumah" untuk semangat kita.
 

Latihan :
 

Berbaring dengan menekuk kedua lutut kita sampai bagian paha menyentuh dada (jika kuat). Posisikan lengan anda di samping badan dengan telapak tangan menghadap lantai. Lakukan gerakan meluruskan kaki keatas sehingga membentuk garis lurus dan tubuh kita membentuk bidang tegak lurus terhadap kaki. Lalu tekukkan lagi lutut kita ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut.
 

5. Latihan Kaki.
 

Hubungan : Kaki memberikan kekuatan untuk mengambil jalan hidup apapun yang kita pilih.
 

Latihan :
 

Berdiri dengan kedua kaki membuka sejajar bahu. Tangan ditaruh di pinggang. Lalu tekuk kaki kanan anda ke depan sehingga betis dan paha membentuk garis tegak lurus. Dan tekuk kaki kiri ke belakang sehingga lutut kiri hampir menyentuh lantai tapi telapak kaki kiri melipat kedalam. Kecilkan perut anda, tegakkan dada dan punggung relaks. Lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan tersebut.



Lakukan gerakan-gerakan tersebut masing-masing 2 set dengan 15-20 kali gerakan ulang per set. Atur nafas anda secara teratur pada saat melakukan gerakan tesebut. Dan lakukan secara teratur agar anda mendapatkan kekuatan fisik dan spiritual dalam tubuh anda.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry