ABOUT WOMEN > WORKOUTS
Minimalkan Kerutan dengan Senam Wajah
27 Nov 2012

Senam wajah yang dilakukan secara teratur dapat meminimalkan kerutan di wajah.




Ketika kita bercermin, tampak kerutan sebagai dampak dari proses perjalanan umur. Berbagai cara pun dilakukan untuk melicinkan kembali wajah. Bisa dengan menggunakan teknologi canggih yang berbiaya mahal tapi bisa pula cara sederhana yang tanpa biaya.

 

Salah satu cara sederhana yang dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah adalah melakukan senam wajah. Wajah seperti halnya tubuh, terdiri atas otot yang seiring perjalanan umur mengendur sehingga perlu dikencangkan. Senam ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja tapi cara ini memerlukan kesabaran tinggi, dilakukan secara rutin setiap hari.

 

Senam wajah melatih bagian dari otot-otot wajah agar tetap kencang dan melancarkan alirah darah ke wajah.


Kerutan di sekitar mata

Buka mata lebar-lebar dan naikkan alis. Tahan 5 hitungan. Kembali ke normal. Ulangi sebanyak 5 kali.

 

 

Kerutan di pipi

Dengan kedua tangan, usaplah pipi dengan sedikit tekanan dari bawah ke atas hingga sepuluh hitungan. Setelahnya, tepuk-tepuk pipi bagian bawah sepuluh kali juga.

 

 

Kerutan di sekitar bibir

  • Tarik mulut selebar mungkin tapi tetap dalam posisi tertutup, seperti hendak mengatakan “Cheese”. Tahan selama 2 detik.
  • Kerutkan wajah hingga bibir hampir menyentuh hidung. Tahan selama 2 detik. Lalu, ulangi gerakan pertama tadi dan tahan selama 2 detik.
  • Monyongkan bibir atas, dengan bibir atas, dengan bibir bawah agak diturunkan seperti hendak mencium. Tahan selama 20 detik.
  • Ulangi ketiga langkah tadi sebanyak 20 kali.
  • Ucapkan EE, AH, OO, dengan meregangkan bibir sejauh mungkin.

 

Kulit di leher dan tenggorokan

Latihan ini untuk menghilangkan lipatan pada dagu.

  • Duduk dengan pandangan lurus ke depan. Tengadahkan kepala, melihat ke langit-langit sambil bibir dikatupkan. Lalu, mulai melakukan gerakan mengunyah. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.
  • Posisinya masih sama seperti tadi tapi kerutkan bibir seperti hendak melakukan kegiatan mencium langit-langit. Lakukan sebanyak 10 hitungan, lalu tegakkan kembali kepala dan upayakan bersikap rileks. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.
  • Duduk dengan pandangan lurus ke depan. Tengadahkan kepala, melihat ke langit-langit sambil bibir dikatupkan. Buka mulut sambil mengeluarkan lidah yang seolah-olah hendak menyentuh dagu. Tahan sampai hitungan 10. Kembali ke posisi normal.
  • Duduk dengan pandangan lurus ke depan. Tengadahkan kepala, melihat ke langit-langit sambil bibir dikatupkan. Lalu, gerakkan bibir bawah, melampaui bibir atas sejauh mungkin sebanyak 5 hitungan. Lalu kembali rilekas dan ulangi lagi sebanyak 5 kali.

 

Selamat mencoba.

 

-EP-

Sumber: intisari-online


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry