SKIN & BODY CARE > BODY CARE
Kaki Bengkak? Atasi dengan Cara Alami Ini
04 Feb 2013

Merendam kaki yang bengkak pada wadah berisi air yang sudah dicampur garam dipercaya dapat menyembuhkan bengkak pada kaki. Selain air yang dicampur dengan garam, ada beberapa cara alami lain yang dapat mengatasi bengkak pada kaki. Apa sajakah itu?




Bengkak atau ‘edema’adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh mengalami kesulitan melawan gravitasi, sehingga darah dan cairan yang terkumpul di daerah kaki. Bengkak atau Edema pada kaki atau pergelangan kaki biasanya disebabkan oleh berbagai hal, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, atau kehamilan.

Edema memang tidak berbahaya, namun bisa mengganggu aktivitas karena kaki menjadi tidak nyaman ketika digunakan untuk berjalan.

Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa anda coba untuk mengatasi kaki bengkak anda:

 

•Air tonik. 


Merendam kaki dalam air tonik (minuman berkarbonasi yang mengandung kina) dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kaki dan secara perlahan bisa menyembuhkan bengkak pada kaki.

 


•Minyak jeruk. 


Minyak jeruk dapat digunakan untuk mengatasi kaki bengkak. Caranya: beri beberapa tetes minyak jeruk pada wadah berisi air, lalu rendam kaki pada air yang sudah dibebri tetesan minyak jeruk tersebut. Atau, minyak jeruk digosok langsung pada kaki yang bengkak.

 


•Air garam. 


Air garam juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyembuhkan kaki bengkak. Caranya, cukup rendam kaki yang bengkak pada wadah berisi air yang sudah dicampur garam. Jika pembengkakan cukup parah, mandi air garam dipercaya dapat mengobati kaki bengkak.

 


•Mengangkat kaki. 


Gravitasi adalah penyebab edema, cobalah untuk mengangkat kaki lebih tinggi dari tubuh. Caranya, berbaring di kasur dan ganjal kaki anda dengan bantal untuk menopang kaki.

 


•Minum. 


Banyaklah minum air putih untuk mengatasi kaki bengkak. Anda juga dapat menambahkan mentimun dan lemon ke dalam air minum, karena kedua makanan tersebut baik sebagai anti-inflamasi.

 


•Yoga. 


Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Yoga adalah salah satu cara untuk menggerakkan tubuh dan fokus pada sistem peredaran darah.

 


•Magnesium.

 

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium dipercaya dapat mengatasi kaki bengkak. Jika sulit mendapatkan asupan magnesium, suplemen magnesium bisa menjadi alternatif. Cobalah untuk meminumnya secara teratur.

Namun, untuk anda yang sedang hamil, lebih baik konsultasikan masalah ini terlebih dahulu dengan dokter anda.


Selamat mencoba..semoga bermanfaat… :)

 

 

-EP-

Dirangkum dari berbagai sumber, pic: andrewguru


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry