SKIN & BODY CARE > SKIN CARE
Gatal? Stop Menggaruk jika Tidak Ingin Terkena Infeksi!
06 Feb 2013

Rasa gatal yang timbul kadang memancing kita untuk menggaruk agar rasa gatal itu segera hilang. Padahal, alih-alih ingin membuat rasa gatalnya hilang, tindakan menggaruk justru bisa memperparah kondisinya karena bisa menyebabkan luka dan memicu terjadinya infeksi.




Meski bukan penyakit yang serius, terkadang rasa gatal cukup mengganggu. Gatal bisa disebabkan karena bermacam hal, misal karena digigit nyamuk atau serangga lainnya, biang keringat, atau bahkan alergi.

 

Rasa gatal yang timbul kadang memancing kita untuk menggaruk agar rasa gatal itu segera hilang. Padahal, alih-alih ingin membuat rasa gatalnya hilang, tindakan menggaruk justru akan membuat tubuh melepaskan senyawa histamine yang bisa membuat bertambah merah, bengkak, dan gatal. Menggaruk daerah yang gatal dapat melukai kulit dan bisa meninggalkan noda menghitam nantinya.

 

Untuk meredakan rasa gatal, akibat digigit nyamuk atau serangga misalnya, sebaiknya jangan menggaruknya agar tidak memperparah kondisinya sehingga tidak sampai terjadi luka ataupun infeksi kulit. Kondisi tangan dan kuku yang tidak bersih dan steril (yang rentan kuman dan bakteri) saat menggaruk juga bisa memperparah kondisi gatal hingga memicu terjadinya infeksi.

 

Karena itu, jika rasa gatal datang menghampiri, jangan menggarukanya! Tapi, atasi rasa gatal dengan mencuci area kulit yang gatal (terkena gigitan nyamuk/ serangga) dengan air bersih dan sabun, lalu taburkan bedak atau oleskan lotion yang mengandung kalamin. Supaya bengkak pada kulit berangsur hilang, kompres bagian yang gatal dengan es.

 

Kalamin bersifat anti pruritus atau anti gatal. Kalamin juga  berfungsi untuk mengurangi keluarnya keringat yang berlebihan seperti yang terjadi pada kasus biang keringat. Selain itu, kalamin juga mempunyai sifat antiseptik ringan dan memberikan efek menyejukkan.

 

So, jika gatal datang karena digigit nyamuk atau biang keringat, jangan digaruk yaa..

Semoga bermanfaat… :)

 

 

-EP-

Dirangkum dari berbagai sumber, pic: kokosowapanna


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry