ABOUT MEN > HEALTHY SEX
Waduh! Junk Food bisa Memperburuk Kualitas Sperma Lho..
07 Feb 2013

Apakah anda penyuka burger, french fries, atau fried chicken? Rasanya yang gurih, nikmat, memanjakan lidah, membuat banyak orang menyukainya dan bahkan kecanduan terhadap junk food. Namun, tahukah anda bahwa ternyata junk food bisa membawa dampak negatif pada kualitas sperma?




Selain rasanya yang gurih dan lezat, cara penyajiannya yang cepat, serta bisa langsung dinikmati tanpa harus menunggu lama, juga membuat fast food makin gemari dan menjadi pilihan kebanyakan orang, terutama di perkotaan.

 

Namun, tahukah anda bahwa ternyata junk food bisa membawa dampak negatif pada kualitas sperma? Kaum pria sebaiknya mulai berhati-hati dengan junk food, karena dibalik kelezatannya, menu fastfood ini ternyata bisa memperburuk kualitas sperma.

 

Sudah banyak penelitian yang mengungkap dampak negatif akibat mengkonsumsi junk food terhadap kesehatan, seperti kanker, kolesterol dan jantung . Namun, yang mengejutkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para dokter kesuburan di Universitas Harvard dan Universitas Murcia menyatakan bahwa junkfood memicu gangguan kesuburan (infertil) pada pria. Junk food atau makanan lainnya yang mengandung lemak trans bisa merusak sperma dalam sistem reproduksi tubuh pria.

Peneliti melakukan penelitian terhadap pria berusia 18 hingga 22 tahun yang sebelumnya tidak memiliki masalah infertil. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa pria yang makan junk food dengan porsi besar ternyata memiliki kualitas sperma yang buruk dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi junk food.

Lemak trans yang terkandung di dalam junk food, seperti kentang goreng, keripik, dan daging merah mentah, diduga sebagai faktor utama pemicu infertil.

Kualitas sperma yang buruk, membuat proses terjadinya pembuahan semakin kecil. Meskipun, pria tersebut memiliki berat badan yang normal dan sering berolahraga.

So, untuk para pria sebaiknya mulai membatasi konsumsi junk food yaa...Ubah pola makan yang tak sehat, minimalkan konsumsi junk food, perbanyak makan buah, sayuran, dan ikan, agar tubuh tetap sehat dan sperma berkualitas.

 

 

 

-EP-

Dirangkum dari berbagai sumber, pic: thinkstock


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry