SPORTS > DIET & NUTRITION
Menu Sarapan Sehat
11 Apr 2013

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu aja setiap hari? Ingin sarapan yang praktis, tapi juga sehat?




Beberapa menu sarapan di bawah ini mungkin bisa Anda coba. Selain mudah dan praktis, menu sarapan ini juga sarat gizi lho..Mau coba?...

 

Berikut ini empat menu sarapan sehat dan rendah kalori, seperti dilansir Livestrong:

1. Bubur Oatmeal


Semangkuk penuh bubur oatmeal mampu membuat Anda merasa kenyang sampai jam makan siang tiba. Karena terbuat dari biji gandum utuh, oatmeal melepas energi secara perlahan dan mampu menyimpan cadangan energi lebih lama dalam tubuh. Ditambah lagi, setengah cangkir oat hanya mengandung 150 kalori, memenuhi 15 persen asupan serat dan 10 persen zat besi dari kebutuhan gizi harian Anda. Anda bisa menambahkan beberapa buah segar sebagai topping, seperti strawberry, raspberry, aprikot atau peach. Hindari topping yang banyak kandungan gula.

 


2. Telur

 

Telur merupakan makanan yang ideal untuk sarapan karena kaya protein serta mudah dan cepat penyajiannya. Satu butir telur berukuran besar mengandung 70 kalori dan memenuhi 13 persen kebutuhan protein harian. Anda bisa membuat omelet dari dua butir telur yang hanya menghasilkan 150 kalori. Atau, Anda bisa membuat sandwich dari dua lembar roti panggang dengan isian telur rebus.

 


3. Smoothies

 

Jika Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan pagi yang utuh, coba lengkapi gizi pagi hari Anda dengan cara diminum. Buatlah smoothie dari campuran satu cangkir susu skim dan pisang. Pisang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin C, Vitamin b-6, magnesium dan potasium. Sementara susu memenuhi kebutuhan kalsium.

 


4. Buah

 

Berbagai macam buah bisa Anda olah menjadi sarapan sehat kaya nutrisi yang rendah kalori. Yogurt rendah lemak dengan topping buah segar atau potongan apel yang diolesi selai kacang bisa jadi pilihan tepat.

 

 

-EP-

Sumber: detik, pic: seventeen


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry