ABOUT MEN > FOOD & NUTRITION
Buah yang Sebaiknya Tidak Dimakan saat Berbuka Puasa
23 Jul 2013

Meski disarankan mengkonsumsi buah saat berbuka, namun ternyata ada beberapa buah tertentu yang justru sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. Kenapa? Karena buah-buahan tersebut dikhawatirkan bisa membawa dampak buruk bagi lambung dan pencernaan jika dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Apa saja buah yang sebaiknya tidak dimakan saat berbuka?




Pakar ahli banyak menyarankan untuk mengkonsumsi buah setiap hari karena kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah, bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi di saa puasa seperti ini, untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh selama berpuasa, sangat disarankan untuk konsumsi buah di saat sahur dan berbuka.

 

Meski disarankan mengkonsumsi buah saat berbuka, namun menurut pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS ada beberapa buah tertentu yang justru sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. Kenapa? Karena buah-buahan tersebut dikhawatirkan bisa membawa dampak buruk bagi lambung dan pencernaan jika dikonsumsi setelah seharian berpuasa. 

Apa saja buah yang sebaiknya tidak dimakan saat berbuka? 

1. Durian

Menurut Prof. Hardinsyah, MS, durian tidak dianjurkan disantap ketika berbuka puasa. Durian mengandung alkohol yang bisa menimbulkan gas pada saluran pencernaan dan memicu kepala pusing.


2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga tidak dianjurkan karena jeruk nipis mengandung asam tinggi yang bisa mempengaruhi asam lambung terutama ketika perut belum diisi oleh makanan lainnya.


3. Mangga

Mangga yang asam juga bisa mempengaruhi lambung Anda. "Mangga boleh asal jangan asam, karena nanti lambung kita tambah asam bisa buat sakit," ujar Prof. Hardinsyah, MS, Pimpinan Klinik Konsultasi Gizi Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.


4. Buah Kalengan

Prof. Hardinsyah, MS, juga menuturkan bahwa segala buah yang tidak asam dan sepet bisa dikonsumsi setelah berbuka puasa. Tidak untuk buah kalengan. Menurutnya, buah yang sudah diberikan perasa makanan atau penyedap rasa tidak akan sesehat buah alami. "Buah-buahan apa saja yang penting bukan buah kaleng atau buah yang dikasih macam-macam," ujarnya.

 

 

-EP-

Sumber: wolipop, pic: durianinfo


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry