SPORTS > TIPS & PRACTICE
Cegah Rasa Sakit pada Payudara saat Olahraga
05 Aug 2013

Satu dari tiga pelari maraton wanita mengeluhkan sakit pada payudaranya saat berlari. Bagaimana mengatasinya?




Satu dari tiga pelari maraton wanita mengeluhkan sakit pada payudaranya saat berlari, menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine. Semakin besar ukuran bra maka lebih rentang mengalami sakit pada payudara ketika berolahraga.


Peneliti mensurvei 1.285 pelari wanita dengan menanyakan tentang kebiasaan berolahraga dan intensitas latihan. Mereka juga ditanyai sejarah medis dan seberapa sering mengalami sakit pada payudaranya. Hasilnya ditemukan 32 persen wanita yang merasakan sakit di payudara dan jumlah itu mempunyai korelasi dengan ukurannya. 

Sakit dirasakan hanya satu dari empat wanita dengan ukuran bra cup A. Sementara wanita yang punya ukuran cup C atau lebih, setengah dari mereka menderita sakit atau nyeri.

Setengah dari wanita yang mengalami sakit pada payudara mengatakan penyebabnya karena latihan atau fitnes dengan intensitas sedang. Sementara 64 persen mengaku merasakan sakit saat olahraga berintensitas tinggi. Sakit masih dirasakan meskipun responden sudah mengenakan sports bra. Kenapa itu bisa terjadi?

"Memakai sports bra tidak menjamin Anda terhindari dari rasa sakit ketika olahraga. Karena belum tentu dia mengenakan bra yang tepat, yang bisa menopang payudara dengan benar," jelas Nicola Brown, PhD, seorang pengajar kesehatan dan olahraga di St. Mary's University College di Twickenham, London, Inggris seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Jika Anda ingin tetap merasa nyaman saat olahraga atau berkegiatan yang menuntut Anda banyak bergerak, memakai sports bra yang tepat jadi suatu keharusan. Perhatikan lima hal ini saat Anda membeli sports bra:

1. Band/pengait bra: bagian yang melingkari payudara hingga ke punggung harus cukup ketat tapi nyaman agar ketika Anda bergerak, payudara tidak terlalu berguncang keras. Maka dari itu pilihlah band yang lebar. Pilih juga yang berbahan katun atau lycra yang nyaman dikenakan dan mudah menyerap keringat.

2. Cup: Wanita sering kali tidak menyadari kalau ukuran bra yang dikenakannya tidak pas, seperti ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar. Wanita yang menggunakan bra terlalu kecil akan membuatnya sakit pada otot, sedangkan bagi pengguna bra yang terlalu besar, payudara akan nampak turun. Untuk menghindarinya, jangan terlalu terburu-buru membeli bra, ukur dengan tepat dan bila perlu mintalah pendapat pada penjaga toko.

3. Kawat: lengkungan kawat bra harus mengikuti lekukan garis bawah payudara, sehingga jatuhnya payudara tepat di atas kawat. Bila perlu pilih sports bra yang bahannya lebih panjang dari kawat, melewati garis payudara.

4. Tali: hindari memilih jenis tali spagheti. Tali bra yang tipis akan mengurangi kemampuan bra menopang payudara. Hindari juga memakai tali bra yang sangat ketat karena bisa membuat bagian bawah bra naik ke atas sehingga payudara tidal tertopang dengan baik. Selain itu tali bra yang terlalu ketat juga bisa membuat kulit iritasi.

 

 

-EP-

Sumber: detik, pic: marieclaire


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry