SPORTS > DIET & NUTRITION
Hindari Konsumsi Teh Hijau pada Waktu Makan
24 Jun 2014

Manfaat teh hijau akan sia-sia jika dikonsumsi bersamaan saat makan.




Menurut penelitian, teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu menurunkan berat badan. Namun, teh hijau tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada waktu makan.

"Teh hijau mengandung catchecin yang mampu membantu menghancurkan lemak yang berpotensi membuat tubuh jadi gemuk," kata ahli nutrisi, Emilia Achmadi.

Meski begitu, menurut Emilia, ada kesalahan umum yang sering terjadi ketika kita mengkonsumsi teh hijau dan jenis teh lainnya. 

"Kesalahan yang sering terjadi adalah mereka makan dan minum teh bersamaan. Lagi makan siang, pesan minumnya teh hijau atau teh lainnya, ini percuma saja karena enggak ada manfaatnya," ujar Emilia. 

Ketika dikonsumsi dalam waktu berdekatan, zat-zat aktif dalam teh hijau dan juga zat besi dari makanan akan berkurang manfaatnya. Senyawa tanin di dalam teh akan menghalangi penyerapan zat besi dari makanan ke dalam tubuh. Dengan begitu, zat besi yang terserap ke tubuh akan sangat sedikit. 

Untuk itu, ia mengatakan agar tidak mengganti posisi air putih dengan teh hijau saat makan. Teh hijau ini sebaiknya dikonsumsi beberapa menit setelah makan. Ini akan memberikan waktu kepada tubuh untuk menyerap semua sari makanan dengan sempurna.




-EP-
Sumber: kompas, pic: dailymail 


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry