ABOUT MEN > WORKOUTS
GERAK LATIH OTOT
18 Jan 2012

Berencana untuk melalui program pembentukan otot? Ada beberapa hal penting untuk Anda persiapkan sebelum Anda melakukan serangkaian latihan yang Anda perlukan. Simak beberapa tips mendasar berikut ini untuk persiapan program gerak latih otot Anda.




1. Set Target

Tentukan dahulu target Anda. Hal ini berguna untuk menentukan batas gol yang hendak Anda capai. Sehingga hasil tidak meleset dari yang Anda harapkan, dibawah target Anda akan  mendapatkan hasil yang tidak optimal, sebaliknya melampaui target dapat menghasilkan kegiatan yang berlebihan dari target semula Anda. Tentukan target berdasarkan durasi program dan tanggal pencapaian. Satu hal yang pasti Anda perlukan dalam menentukan target adalah perlunya konsultasi dengan pelatih latihan Anda, dengan demikian Anda mendapatkan pendapat yang komprehensif dan profesional yang sesuai dengan kapasitas Anda.

 

2. Sesuaikan Kapasitas Diri

Usia, jenis kelamin, porsi kesibukkan rutinitas keseharian dan kemampuan diri merupakan faktor-faktor penentu dalam menyesuaikan kemampuan diri menghadapi program latihan Anda. Faktor usia dan jenis kelamin adalah faktor yang bersifat relatif biologis. Kesibukkan dan kemampuan diri adalah satu hal yang berkaitan dengan seberapa besar niat Anda untuk mencapai target dengan sempurna. Jangan sampai Anda menempatkan diri dalam posisi yang memaksakan diri dan diluar kemampuan Anda.

 

3. Ubah Kebiasaan

Latihan gerak latih otot membutuhkan 70% perhatian pada kebiasaan yang Anda pelihara selama ini. Beberapa kebiasaan yang bertentangan dengan kesuksesan program latih otot harus dihentikan. Seperti halnya makan sembarangan dan tak terjadwal, merokok, konsumsi alkohol, atau bahkan jadwal tidur yang berantakan. Untuk lebih menyesuaikan diri secara fisik, cobalah untuk mengurangi begadang, merokok dan meminum alkohol. Secara progresif dapat berkontribusi pada kesuksesan pencapaian Anda dalam program latih otot Anda. Belum lagi pola makan. Hindarilah junk food dan fast food. Ganti kebiasaan makan banyak dalam satu sesi menu makan menjadi lebih porsi yang lebih sedikit namun dengan interval yang sering ( kira-kra 2 jam sekali).

 

4. Disiplin

Terkait dengan poin sebelumnya. Untuk mencapai target yang Anda inginkan, usahakan untuk tetap pada pemikiran dan semangat yang sama ketika Anda berpikir awal untuk hendak melakukan program latih otot. Kuncinya adalah konsistensi.

Selamat berlatih!


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry