ABOUT WOMEN > FIT WOMEN
Mengapa Jelang Menstruasi Wanita Makan Lebih Banyak?
16 Mar 2015

Rendahnya level hormon estrogen dalam tubuh menjadi salah satu penyebabnya. Lalu, bagaimana mengatasinya?




Kondisi mengidam tak hanya dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Sebab, wanita yang tidak sedang mengandung, juga bisa mengalami kondisi. Kapankah itu?

Umumnya, rasa ngidam menginginkan berbagai jenis makanan terjadi saat menjelang menstruasi. Menurut studi terbaru dari Fakultas Kedokteran Universitas Baylor, AS, kondisi ini terjadi karena rendahnya level hormon estrogen di dalam tubuh, tepatnya sebelum periode menstruasi datang.

"Banyak wanita melaporkan mereka mengalami peningkatan keinginan untuk makan, khususnya makanan mengandung karbohidrat, gula, dan garam. Keinginan itu biasanya terjadi sebelum menstruasi," ujar James Greenblatt, M.D, pengarang buku Answers to Appetite Control.

Greenblatt juga menjelaskan soal studi baru lainnya yang mengungkap kaitan antara rendahnya level hormon estrogen, hormon progesteron, dan keinginan makanan lebih banyak. Ternyata, saat kedua hormon tersebut berada di level terendah menyebakan nafsu makan jadi bertambah.

Untuk menghindari kondisi ini, dokter spesialis obesitas Lisa Oldson mengungkapkan, jangan isi perut Anda dengan makanan yang mengandung banyak estrogen. Sebab, terlalu banyak asupan estrogen dalam tubuh akan meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker rahim.

Lalu apa, yang sebaiknya Anda makan dan tidak makan? Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menjelang menstruasi, menurut Oldson, mencakup jenis karbohidrat olahan. "Biskuit, cookies, roti, dan nasi putih, jangan dikonsumsi saat level estrogen rendah. Makanan berkarbohidrat ini akan membuat energi sedikit membludak sesaat setelah dimakan dan cepat membuat Anda kembali lapar,” terangnya.

Seperti dikutip Daily Make Over, jenis makanan yang disarankan untuk Anda konsumsi adalah buah-buahan, sayuran, dan gandum. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun, ditemukan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

 

-EP-

Sumber: kompas, pic: mommynoire


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry