SKIN & BODY CARE > SKIN CARE
4 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Rahasia Kecantikan Anda!
15 Jun 2015

Bumbu dapur sehari-hari yang ada di rumah ternyata dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan sehari-hari.




Untuk menjaga kecantikan ternyata tidak perlu melewati cara yang sulit. Sebab, bumbu dapur yang ada di rumah Anda pun dapat dimanfaatkan dalam rutinitas kecantikan sehari-hari. Selain menjaga kesehatan, Anda pun dapat terlihat lebih cantik.

 

"Banyak rempah-rempah yang sudah ada di dapur Anda merupakan sumber-sumber untuk memperoleh kulit yang lembab, bersih, dan berkilau," ujar Heather Scholten dari Spiceologist.

 

Berikut dalah beberapa jenis rempah-rempah yang dapat Anda manfaatkan dalam rutinitas kecantikan Anda.

 

1. Cengkeh


Minyak cengkeh dapat Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah dan mengandung pula zat-zat antibakteri. Cengkeh atau minyak cengkeh pun dapat digunakan untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus menebalkannya.

 

2. Kunyit


Rempah ini tidak hanya berguna sebagai antibakteri dan antiseptik, namun juga dapat digunakan sebagai campuran dalam minuman smoothie guna memperoleh kulit bebas peradangan. Bila digunakan sebagai masker wajah, kunyit dapat membuat kulit Anda bersih dan berkilau.

 

Campurkan satu sendok teh oatmeal, kunyit, dan madu, kemudian aduk rata. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kuas halus dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air dingin kemudian bersihkan wajah dengan pembersih yang biasa Anda gunakan.

 

3. Kayu Manis


Kayu manis dapat membuat bibir Anda terlihat penuh secara alami. Caranya, basahi kayu manis dan gosokkan pada bibir. Kayu manis bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah pada bibir secara temporer.

 

4. Jahe


Sudah terkenal bahwa rempah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jahe dapat meredakan sirkulasi darah yang fluktuatif sekaligus pembuluh yang bengkak. Selain itu, jahe juga dapat meminimalisir selulit.

 

Untuk membuat scrub dengan jahe, tumbuk setengah gelas beras. Tambahkan seperempat gelas gula merah, dua sendok teh jahe yang telah diiris tipis dan satu sendok teh santan, kemudian campurkan. Aplikasikan pada area selulit, gosok, dan bilas dengan air.

 

 

-EP-

sumber: kompas, pic: hangout


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry