ABOUT WOMEN > FOOD & NUTRITION
Segelas Jus Tomat Ringankan Gejala Menopause
19 Jun 2015

Menurut penelitian, rutin minum jus tomat setiap hari, secara signifikan dapat meringankan seluruh gejala menopause.




Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi seiring bertambahnya usia seorang wanita. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita saat berusia 45 atau saat menginjak usia di atas 50 tahun.

 

Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh wanita di masa menopause biasanya menimbulkan gejala, seperti mudah tersinggung, cemas yang berlebihan, dan rasa panas hingga berkeringat pada malam hari.

 

Gejala-gejala tersebut bukan hanya mengurangi kualitas hidup tapi juga bisa membuat seorang wanita mengalami stres. Sejumlah peneliti dari Tokyo Medical University mengungkapkan bahwa segelas jus tomat per hari dapat membantu meringankan gejala menopause tersebut.

 

Penelitian menunjukkan, minum jus tomat 200ml dua kali sehari selama delapan minggu, secara signifikan dapat meringankan seluruh gejala menopause, termasuk masalah kolesterol dan rasa cemas.

 

Penelitian melibatkan 93 wanita yang diberi jus tomat secara rutin. Peneliti terus memeriksa detak jantung mereka dan gejala menopause. Hasilnya, seperti dipublikasikan dalam Journal Nutrition, gejala menopause yang dirasakan para wanita tersebut sangat berkurang.

 

Penelitian sebelumnya menunjukkan, bahan kimia dalam jus tomat, seperti asam gamma-aminobutyric dapat bertindak seperti hormon estrogen. Seperti diketahui, saat menopause, hormon estrogen berkurang sehingga menimbulkan gelaja tersebut.

 

Selain itu, minum jus tomat juga dapat membakar lebih banyak kalori dan kadar lemak dalam darah pun menurun saat beristirahat.

 

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa gejala menopause akan lebih buruk jika wanita yang memiliki fibromyalgia tidur siang.

 

Sebuah survei lebih dari 1.000 pasien menemukan bahwa sering tidur siang justru meningkatkan depresi, kecemasan, kelelahan, hingga masalah tidur pada mereka yang memiliki fibromyalgia.  Fibromyalgia, merupakan rasa nyeri kronis yang menyebar di seluruh bagian tubuh, seperti pada otot dan persendian.

 

 

-EP-

Sumber: kompas/dailymail, pic: aol


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry