ABOUT WOMEN > FOOD & NUTRITION
Ini 6 Makanan untuk Kulit Sehat Berseri
04 Feb 2016

Enam jenis makanan ini mengandung senyawa anti penuaan dini.




Enam jenis makanan ini mengandung senyawa anti penuaan dini. Selain menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, enam makanan ini juga terbukti membuat penampilan Anda tampak awet muda.

 

1. Paprika dan brokoli

Vitamin C di dalam kedua jenis makanan ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang berguna menjaga kekenyalan kulit.  Dengan kata lain, garis-garis halus di wajah akan menjadi lebih sedikit, terutama di sekitar mata dan mulut. Jumlah yang dianjurkan: satu cangkir paprika atau brokoli segar atau ½ cangkir yang sudah dimasak perhari.

 

2. Salmon

Asam lemak omega-3 di dalam salmon membantu kulit mempertahankan kelembaban, sehingga menjadi lembut dan lentur. Bahan bergizi ini juga memertahankan minyak alami kulit kepala, sehingga tidak kering dan berketombe. Jumlah yang dianjurkan: 100-200 gram atau tiga porsi perminggu.

 

3. Blackberry dan raspberry

Asam ellagic di dalam kedua buah ini dapat melindungi kulit terhadap efek buruk sinar UV dan dapat membantu mencegah keriput. Jumlah yang dianjurkan: ½ cangkir  buah segar atau beku perhari.

 

4. Tomat

Lycopene dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat matahari. Lycopene adalah jenis antioksidan yang akan semakin kuat daya kerjanya saat sudah  dimasak. Jumlah yang dianjurkan: Sekitar ¼ cangkir saus tomat murni atau empat buah tomat diiris, lima kali per minggu.

 

5. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung banyak flavonol yang mampu  meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kulit kepala, memberikan nutrisi yang dapat membantu menjaga  rambut Anda  tetap sehat. Jumlah yang dianjurkan: 30 gram atau maksimal 600 kj  perhari.

 

6. Ubi

Beta-karoten yang dikandung ubi dapat menghancurkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel kulit. Di dalam tubuh,  beta-karoten dibuah menjadi vitamin A yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

Jumlah yang dianjurkan: satu buah ubi perhari. Ubi bisa digantikan oleh  wortel, melon atau mangga untuk mendapat manfaat kesehatan  yang sebanding.

 

-EP-

Sumber: Reader's Digest, pic: slimgourmet


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry