SPORTS > SUPPLEMENT
Protein Penambah Massa
18 Jan 2012

Massa tubuh sehat manusia dipengaruhi oleh besarnya keseluruhan otot tubuh yang memerlukan zat pembangun aktif, biasa di kenal sebagai protein. Dalam memenuhi kebutuhan tubuh dan otot, seorang manusia dewasa memerlukan 1gr protein di setiap kilogram berat badan mereka setiap harinya dan dapat bertambah kebutuhannya 2 kali lipat apabila diiringi dengan kegiatan angkat beban.




Protein sendiri merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam berlangsungnya kinerja tubuh secara optimal. Selain sebagai sumber energi dan metabolisme, protein menjadi penting dalam pembentukan massa tubuh dikarenakan proses pembentukan otot sangat membutuhkan asam amino esensial yang terdapat di dalam protein. Untuk itu sangatlah penting memastikan terpenuhinya jumlah protein yang dibutuhkan tubuh dalam menambah massa melalui pola makan setiap hari.

 

Berikut merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memastikan makanan yang kita asup tiap hari benar-benar merupakan sumber protein yang tepat bagi penambahan massa tubuh.

 

  • Protein Shake, atau minuman berprotein tinggi merupakan salah satu pilihan termudah dalam memenuhi kebutuhan protein harian tubuh secara praktis dan efisien. Minuman ini bisa dikonsumsi sebagai penambah energi di saat bangun tidur maupun setelah melakukan aktifitas latihan. Karena rasa dari minuman yang dijual umum ini terbatas, penambahan buah, selai kacang, susu kedelai hingga susu skim maupun yogurt sangatlah biasa dilakukan untuk menambah selera pribadi.

 

  • Kacang, baik dimakan langsung maupun sebagai selai yang dioleskan pada roti bisa menjadi pilihan penambah protein karena mengandung asam amino esensial yang bagus bagi tubuh. Selain mudah ditemukan, kacang juga sudah di produksi secara masal dengan berbagai macam jenis olahan tanpa menghilangkan sumber protein yang terkandung sehingga dapat memenuhi cita rasa pribadi yang berbeda-beda.

 

  • Kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang polong, kacang merah dan lainya merupakan sumber protein nabati yang juga membantu dalam mengatur tingkat gula dalam darah dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Berbagai macam olahannya juga dapat menjadi pilihan seperti tempe atau tahu dan lainnya.

 

  • Daging, merupakan sumber protein hewani terbesar dan mengandung asam amino esensial terbaik yang dibutuhkan tubuh manusia. Meskipun daging merupakan sumber protein terbesar, namun porsi asupan daging sendiri perlu di perhatikan secara ketat untuk mencegah asupan lemak jenuh yang tidak dibutuhkan dengan cara memilih bagian daging yang rendah lemak seperti bagian has pada daging sapi atau bagian dada pada ayam. Sehingga seringkali ikan dan telur menjadi pilihan termudah dalam mencegah kelebihan asupan lemak.

OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry