SPORTS > SUPPLEMENT
BCAA Untuk Fitnes
18 Jan 2012

Branched-chain amino acids yang biasa disingkat dengan BCAA merupakan bagian dari sembilan asam amino penting bagi tubuh. BCAA berfungsi dalam memungkinkan tubuh mempertahankan kadar asam amino lain dan glutamine untuk tetap di dalam tubuh. Hal ini berperan penting dalam pembentukan masa otot sebagai bahan bakar saat intens berolahraga.




BCAA yang terdiri dari isoleucine, valine dan leucine dengan perbandingan 1:1:2 ini menjadikan proses katabalik dapat dicegah. Yaitu proses dimana terjadinya penyusutan massa otot akibat pengkonsumsian serat otot dalam menggantikan bahan bakar tubuh yang kurang. Sehingga banyak ditemukan dalam suplemen penambah energi tubuh dengan takaran masing-masing 500mg isoleucine, 500mg valine dan 1000mg leucine dalam 2000mg BCAA. Dan biasanya tersedia dalam dosis 1 hingga 10gr.

 

Dalam memenuhi kebutuhan latihan intensif pembentukan otot dengan olahraga beban berat, umumnya seseorang membutuhkan 5 – 10gr setiap konsumsi yaitu 30 menit sebelum dan sesudah latihan sebagai upaya pemberian bahan bakar dan sebagai pembantu dalam mempertahankan otot yang terbentuk. Sehingga diharapkan BCAA mampu menjadi unsure penambah tercapainya otot tubuh yang diidamkan.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry