SPORTS > SPECIAL SPORT
Olahraga Pengendali Kolesterol
19 Jan 2012

Olahraga merupakan salah satu cara utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena dengan melakukan latihan olahraga secara teratur, akan memberikan kebugaran dan memperlancar berbagai macam proses yang bekerja didalam tubuh kita dengan cara memperlancar proses metabolisme, memperlancar peredaran darah hingga mencegah berbagai macam penyakit seperti darah tinggi, stroke, jantung, diabetes hingga kanker.




Kebutuhan olahraga tiap individu sangatlah beragam, sehingga takaran dan intensitas latihan olahraga juga menjadi hal yang penting diperhatikan dalam tercapainya badan yang sehat. Karena pola latihan yang tidak teratur bahkan berlebihan, bisa menyebabkan cedera pada bagian otot dan bagian tubuh lainnya.
 

Bahkan faktor usia juga turut andil dalam menentukan jenis latihan olahraga yang tepat bagi tiap individu. Khususnya bagi mereka dengan usia 35 tahun keatas dan sudah lebih dari 6 bulan tidak melakukan olahraga apapun, sangat dianjurkan melakukan medical check-up sebelum memulai suatu olahraga. Karena hasil dari check-up tersebutlah yang menjadi tolak ukur kemampuan kondisi tubuh seseorang dengan kebutuhan, jenis dan takaran olah raga yang tepat dan sesuai.
 

Apabila medical check-up tidak bisa dilakukan, anda dapat menggunakan observasi langsung terhadap denyut nadi setelah melalui uji coba jalan cepat. Yaitu dengan cara berjalan kaki secepatnya dengan santai seperti saat berjalan cepat bersama teman-teman sembari berbincang maupun bersenandung, sehingga tempo pernapasan anda juga tetap rileks. Lakukanlah selama 5 menit pertama dengan 10 menit istirahat ditempat tanpa duduk dan tetap melakukan gerakan-gerakan ringan pada kaki.
 

Kemudian hitunglah denyut nadi dalam durasi 1 menit. Apabila denyut nadi dibawah 100 kali per menit, berarti anda masih mampu melanjutkan aktifitas olahraga kembali. Namun bila denyut nadi diatas 100 kali per menit, perlu penurunan intensitas olahraga dengan memulai dari membiasakan berjalan biasa secara rutin sehingga mampu memperlancar peredaran darah yang telah lama tersendat oleh kolesterol yang menumpuk akibat sangat kurangnya tingkat kebugaran tubuh dan tidak pernah berolahraga.
 

Dengan demikian olahraga menjadi sangat penting dalam membantu memperlancar peredaran darah sehingga mampu menekan kolesterol yang menumpuk. Disiplinlah berolahraga secara rutin sebagai usaha alamiah tubuh menjaga kesehatan.

 

 


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry