SPORTS > SPECIAL SPORT
Olahraga Untuk Diabetes
19 Jan 2012

Seperti yang kita ketahui bersama, olahraga merupakan salah satu cara terpenting dalam menyempurnakan kesehatan tubuh baik secara fisik maupun psikis. Apalagi untuk penderita diabetes.




Hal ini dikarenakan olahraga mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh dengan sempurna sehingga seluruh saluran arteri darah dalam tubuh ke otak juga berjalan dengan lancar yang akan berpengaruh secara siknifikan terhadap pola piker dan kejiwaan seseorang. Begitu juga manfaat olahraga dalam memperbaiki dan menjaga sistem metabolisme tubuh tetap prima.
 

Selain itu, olahraga juga terbukti sebagai suatu tindakan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit seperti jantung, darah tinggi, stroke, kanker bahkan diabetes. Para penderita diabetes baik tipe 1 maupun 2 merupakan penderita dengan gangguan insulin yang mempengaruhi keseimbangan gula darah ke dalam sel darah yang kemudian dihantarkan ke hati.
 

Aktifitas jasmani seperti berolahraga, meningkatkan kinerja reseptor insulin terhadap pendistribusian hormon insulin pada otot sehingga gula darah tidak menumpuk hanya didalam darah. Dengan berolahraga 30-40 menit setiap hari, mampu meningkatkan kelancaran pasokan gula darah keseluruh tubuh sebanyak 20kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.
 

Untuk itu penganjuran berolahraga bagi penderita diabetes juga menjadi sangat krusial seperti jalan, jogging, berenang, bersepeda dan senam aerobic. Namun tetap saja durasi dan tingkat intensitas olahraga harus disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, usia dan kondisi fisik sebelum berolahraga. Karena frekuensi dan intensitas olahraga tiap orang berbeda-beda.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry