SPORTS > SPECIAL SPORT
Senam Lansia
19 Jan 2012

Manusia lanjut usia merupakan individu dengan usia diatas 60 tahun yang tidak luput dari pentingnya melakukan olahraga rutin. Terlebih karena olahraga menjadi salah satu faktor utama dalam mendukung dan mempertahankan kesehatan otak, tubuh dan pikiran.




Dengan memperhatikan usia dan kondisi tubuh lansia, sudah pasti olahraga yang diterapkan sangatlah berbeda dengan olahraga pada saat muda. Olahraga yang sangat dianjurkan adalah Senam Lansia. Yaitu serangkaian reakan bernada lembut tanpa hentaka yang teratur dan terarah serta terencana baik dilakukan individual maupun berkelompok demi meningkatkan dan mempertahankan fungsi kognitif otak dan motorik tubuh.
 

Saat usia bertambah, masa otot tubuh mengalami penurunan begitupula dengan kekuatannya seiring dengan semakin menurunnya batas maksimal toleransi denyut jantung. Sehingga senam lansia sangat penting dalam mencegah dan memperlambat penurunan funsgsi tubuh terlebih dari penyakit hipertensi, diabetes, penyumbatan pada arteri koroner dan jantung.
 

Selain sebagi upaya mencegah degenerasi dan penurunan fungsional tubuh baik otak maupun gerak motorik fisik, senam lansia juga memberikan manfaat dalam membantu kesehatan jasmani dan rohani menyesuaikan keadaan sekitar (adaptasi) serta memberikan perlindungan serta memperbaiki tenaga cadangan hingga sebagai rehabilitasi.
 

Untuk itu sangatlah tepat untuk tetap membiasakan olahraga saat lanjut usia dengan mengikuti beberapa pilihan senam lansia berikut.

 
Latihan Keseimbangan,

Seiring dengan semakin bertambahnya usia, tanggapan gerak motorik mengalami penurunan dengan semakin menurunnya kekuatan otot dan input sensorik syarak motorik ke otak yang menyebabkan lansia sering mengalami jatuh atau pun tidak dapat mempertahankan keseimbangan tubuhnya sendiri. Untuk itu latihan ini sangat berguna dalam kehidupan sehar-hari para lansia dalam menghindari kecelakaan lebih fatal akibat berkurangnya keseimbangan saat jatuh.

 
Latihan Kelenturan,

Dengan melatih elastisitas tubuh lansia, maka otomatis memperluas jangkauan gerak otot, gerak sendi hingga tendon yang menjadi sangat penting dalam memudahkan lansia bergerak. Oleh sebab itu latihan kelenturan ini menjadi krusial untuk diterapkan sebagai latihan rutin dan setiap hari bagi lansia.

 
Latihan Pertahanan,

Atau biasa disebut sebagai resistence training ini memberikan keuntung fungsional pada kecepatan bergerak sendi, memperlebar lingkup gerak sendi serta mengembalikan kekuatan sendi. Penerapan latihan pertahanan ini terbukti meningkatkan kecepatan langkah para lansia sebesar 20% dan memberikan kekuatan menaiki tangga sebesar 23% hingga 38% dibandingkan mereka yang tidak ikut melakukan senam ini dip anti jompo.

 
Latihan Daya Tahan

Latihan daya tahan (endurance) ini merupakan latihan olah tubuh agar mampu bertahan melakukan aktifitas dalam durasi yang relatif cukup lama. Dengan demikian lansia dapat bertahan menjalani latihan yang baik bagi kesehatan tanpa merasa cepat lelah.

 
Latihan Keberdayagunaan Mandiri

Latihan ini merupakan suatu upaya meningkatkan rasa percaya diri para lansia dalam kemampuannya melakukan aktifitas sehari-hari yang diinginkan tanpa ketergantungan orang lain ataupun merasa aman dengan melakukannya sendiri (self efficacy). Dengan demikian, para lansia dapat memberdayagunakan dirinya dalam kehidupan keseharian yang secara emosional dan psikologis meningkatkan rasa dibutuhkan dan mencegah depresi akibat pikiran kosong saat tidak mampu berbuat apapun.

 

Dengan demikian sangatlah penting bagi lansia menjalani senam lansia dalam terus menjalani hidup dengan terus menikmati hidup sehat bugar tanpa gangguan kesehatan fisik maupun mental. Terlebih karena senam lansia sering dilakukan secara berkelompok sehingga memberikan perasaan nyaman dan aman bersama sesame manusia lanjut usia lainnya menjalani aktifitas hidup.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry