SKIN & BODY CARE > INNER BEAUTY
Tingkatkan imunitas anda
26 Jan 2012

Pergantian musim seringkali menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, seperti timbul keluhan batuk dan pilek yg merisaukan karena akan mengganggu aktifitas sehari-hari. Beberapa obat akan dikonsumsi termasuk terapi alami untuk membantu meredakan gejalanya.




Atau anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan imunitas dari serangan virus sebelum jatuh sakit.

 
Makanan & minuman mempengaruhi kesehatan
Makan makanan bergizi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan kuman. Minum air yang cukup juga merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila anda mengalami dehidrasi maka akan mengurangi efektivitas membran hidung , dimana organ tersebut adalah  garis pertama pertahanan terhadap kuman yg akan masuk ke dalam tubuh dengan melalui pernafasan.
Minuman berkafein dapat menimbulkan dehidrasi tubuh sehingga harus diseimbangkan dengan minum air putih yg banyak.

 

 Kebutuhan tubuh untuk Zzzzs

Banyak orang mengabaikan pentingnya tidur, terutama tidur yang berkualitas.
Tidur yang cukup sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh , dan tidak terkecuali untuk kekebalan tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan jumlah sel yang melawan infeksi dalam tubuh, sehingga anda lebih gampang terkena sakit. Tidur yang cukup juga telah dikaitkan dengan tingkat hormon yang seimbang, yang meningkatkan efektifitas sistem kekebalan tubuh anda. Jadi pastikan tubuh anda mendapatkan haknya untuk tidur.

 

Jaga kebersihan
Untuk mencegah serangan batuk dan  pilek, cuci tangan anda  setiap habis beraktifitas atau berpergian. Selalu menutup mulut dengan telapak tangan saat bersin atau batuk dalam rangka untuk mengurangi penyebaran kuman.

Bersihkan selalu barang-barang yang sering digunakan oleh banyak orang seperti telepon, pegangan pintu, pegangan laci, dll.

 

Pertimbangkan suplemen
Dua dari vitamin yang paling penting untuk pertahanan kekebalan tubuh adalah vitamin C dan E yang dapat merangsang produksi  sel darah putih untuk melawan infeksi dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebuah studi baru-baru ini juga menegaskan kebutuhan antara vitamin C dan mineral Zinc, tercatat bahwa  kekurangan kedua nutrisi tersebut  pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan kesehatan imunitas.

Sumber makanan yang sangat baik dari vitamin C termasuk brokoli, paprika, stroberi, dan buah jeruk. Mineral Zinc dapat diperoleh dari ikan tuna, nanas, wortel dan bawang putih. Upayakan untuk mendapatkan kecukupan nutrisi dari makanan sehari-hari. Bila tidak tercukupi, konsumsi suplemen juga bisa menjadi pilihan.

Vitamin E dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh  dan produksi antibodi meningkat. Biji bunga matahari , bayam, dan almond merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin ini.

 

Alternatif lain.
Banyak produk alami lainnya yang  telah dipelajari untuk meningkatkan potensi daya tahan tubuh.
Bawang putih (Garlic): mengandung senyawa sulfur yang menunjukkan khasiatnya sebagai antibakteri .Pilihan lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah tumbuhan echinacea. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi herbal ini dapat mengurangi waktu serangan dan tingkat keparahan pilek.

American Ginseng mungkin efektif untuk mencegah, mengobati, atau memperpendek durasi pilek atau flu.

Zinc merupakan pendorong kekebalan, dimana penting untuk berfungsinya sel imun dan menyediakan dukungan kuat untuk sistem kekebalan tubuh. Zinc juga dapat mempersingkat durasi dari flu biasa.  
Pohon Elderberry  telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Khasiat antioksidannya membawa banyak manfaat kesehatan. Elderberry mengandung vitamin C, dan  sedang dipelajari  potensi tumbuhan tersebut untuk mencegah flu.


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry