SKIN & BODY CARE > BODY CARE
Love Your Liver
26 Jan 2012

Pola tidur yang baik dan cukup berperan penting pada kesehatan. Pola tidur yang tidak teratur dapat mengakumulasi racun dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan, terutama kesehatan hati (liver) dan suasana hati (mood) sehari-hari.




Penyebab  kerusakan hati  :

  1. Sering tidur larut malam dan bangun terlambat
  2. Tidak buang air kecil pada pagi hari
  3. Menunda sarapan pagi
  4. Porsi makan berlebihan
  5. Mengkonsumsi terlalu banyak obat
  6. Mengkonsumsi terlalu banyak pengawet, bahan tambahan makanan, pewarna makanan, dan pemanis buatan
  7. Mengkonsumsi minyak yang tidak sehat atau berulang-ulang
  8. Mengkonsumsi  makanan yang terlalu matang

 

Biasakan gaya hidup dan pola makan yang baik untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dan pembuangan toksin sehingga menjaga kesehatan hati (liver).  Konsumsi sayuran sebaiknya dalam keadaan segar atau dimasak tidak terlalu matang dan tidak disimpan terlalu lama. Tidak dianjurkan penggunaan minyak goreng untuk memasak berulang-ulang (sekalipun minyak yang digunakan adalah minyak berkualitas baik seperti olive oil) maupun konsumsi makanan yang digoreng saat kondisi tubuh tidak baik/ lelah karena akan menyebabkan kerja liver menjadi lebih berat.

 

Malam hari jam 21.00 – 23.00 :

Adalah waktu untuk mengeluarkan zat yang tidak bermanfaat/ racun ( detoksifikasi ) dari sistem pertahanan tubuh ( pembuluh lymph ). Rentang waktu ini sebaiknya digunakan untuk beristirahat atau relaksasi untuk mengistirahatkan kerja tubuh.

Menjelang pagi 01.00 – 03.00 :

Proses detoksifikasi pada empedu ; lebih optimal saat keadaan tidur.

 Pagi 05.00 – 07.00 :

Detoksifikasi pada kolon dengan mengeluarkan zat yang tidak bermanfaat pada pencernaan.

 Pagi 07.00 – 09.00 :

Penyerapan zat gizi pada usus halus.  Proses ini akan lebih maksimal apabila dilengkapi dengan sarapan pagi.  Sarapan pagi sebelum jam 07.30 sangat membantu untuk menjaga kesehatan sehingga apabila kondisi tubuh kurang baik, dianjurkan untuk sarapan sebelum jam 06.30.. Waktu sarapan yang baik disarankan tidak melebihi jam 09.00 – 10.00.

 

(*) Waktu tengah malam sampai dengan jam 04.00 adalah periode sum-sum tulang memproduksi darah.

 

Kualitas tidur sangatlah berperan penting untuk mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi, memaksimalkan proses pembuangan toksin dan menjaga kinerja organ tubuh sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

***


OTHER ARTICLE
btn_fb
btn_twitter

lula-konsultasi

adv-konsultasi-jerry